Download

Selasa, 28 Desember 2010

Alat alat jaringan Komputer

HUB


Setiap computer yang ingin membentuk jaringan pasti membutuhkan hub biasanya jumlah komputernya 3 buah atau lebih dengan cara menyambungkan kabel ethernetnya,jadi bisa disimpulkan bahwa HUB itu perangkat yang dipakai untuk membentuk sebuah jaringan dengan menyambungkan kabel-kabel jaringan atau LAN.




Switcher

Switcher adalah sebuah perangkat jaringan yang menghubungkan banyak segmentasi jaringan berdasarkan alamat MAC .Switch ini menghubungkan computer atau router,tentunya dalam area jangkauan yang terbatas.Perbedaan Switch dan bridge adalah Switch memiliki beberapa port bridge jadi bisa dibilang switch itu Multiport Bridge.

Bridge

Wah nama perangkat yang satu ini Bridge (Yang artinya jembatan jaringan) pasti memiliki alas an kenapa sih perangkat yang satu ini dinamakan Bridge?..ya jelas saja karena perangkat ini dapat menggabungkan 2 buah media dan arsitektur jaringan yang berbeda satu sama lain misalnya kabel UTP dengan kabel serat optic.dan Token ring dan Ethernet.
Jenis-Jenis bridge:
·         Bridge Lokal
·         Bridge putar
·         Bridge Nirkabel


                                                      
Router
 
 Router adalah perangkat yang mengubah media jaringan kabel menjadi  sebuah sinyal yang hasilnya kita kenal dengan istilah Wirelless.berbeda dengan Switch,Router menggunakan sinyal dengan radius tertentu,sedangkan switch memakai kabel jadi jaraknya terbatas.
Jenis router ada 2 :
·         Static Router
·         Dynamic Router






Repeater

Repeater adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memperkuat sinyal dan mengatasi keterbatasan suatu jarak yang lebih kepada fisik sebuah jaringan.Tentunya juga dapat menggabungkan jaringan besar misalnya Ethernet dengan Ethernet.

0 komentar:

Posting Komentar